Minggu, 26 Desember 2010

Beberapa Komponen Fisik

1. Hub


fungsi dari Hub adalah menghubungkan komputer - komputer dengan device - device jaringan lainnya atau untuk menerima dan meneruskan paket - paket data yang melaluinya tanpa dapat mengetahui sumber dan tujuan paket data yang melalui hub tersebut..
sementara kelebihan dari Hub adalah harganya tidak terlalu mahal, penggunaannya mudah dan praktis, kecepatan ethernetnya bisa mencapai 100 Mbps.


2. Switch


berfungsi menghubungkan multiple komputer pada layer protokol (data link Layer) dalam OSI model.
Kelebihan dari switch antara lain :
1. bisa menentukan sumber dan tujuan paket data yang diterima.
2. bisa mentransmisikan paket - paket data ke tujuan dengan tepat.


3. Repeater


berfungsi sebagai penguat sinyal - sinyal yang masuk...
kelebihannya adalah jika paket data mengalami integritas sinyal dan degradasi akan dapat dihindari sehingga paket data tersebut akan sampai di tujuan dengan kualitas yang baik..


4. Bridge


Bridge juga berfungsi meneruskan paket data dari satu segmen LAN ke segmen lain dan hanya menyampaikan data tapi tidak bisa memilah paket data mana yang akan disampaikan ke segmen di dalam LAN..
kelebihan dari Bridge adalah Meningkatkan performa jaringan dengan cara mengeliminasi traffic yang tidak dibutuhkan dan meminimalkan peluang terjadinya collision, dapat mengontrol broadcast ke jaringan, merawat address table..


5. Router


Router berfungsi sebagai penghubung antara network - network atau LAN-WAN dengan koneksi internet..
keunggulan dari router salah satunya adalah dapat mem-filter traffic keluar masuk berdasarkan alamat IP pengirim dan penerima traffic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar